Home » , , » 10 Tips Memilih Laptop Murah Bagus dan Berkualitas

10 Tips Memilih Laptop Murah Bagus dan Berkualitas

Kalau Anda sedang mencari laptop murah berkualitas atau sedang mencari kredit laptop murah, ada baiknya Anda membaca 10 Tips Memilih Laptop Murah dengan harapan Anda tidak salah memilih laptop murah dan bagus. Karena saya yakin Anda atau siapa saja termasuk saya, senang sekali kalau mendapatkan laptop murah dengan spek tinggi apalagi dengan merek terkenal seperti laptop murah acer.

Biar Anda tidak penasaran denga 10 tips memilih laptop murah bagus dan berkualitas saya langsung saja kasih, cekidot gan.

tips memilih laptop murah bagus dan berkualitas
1. Pilihlah desain laptop yang sesuai dengan selera kita

Siapa yang tidak suka laptop murah bagus? Bagus disini kadang pertama kali dilihat dari tampilan luarnya dulu, karena siapa yang tahan melihat godaan chasing --daleman mah belakangan aja--

Tampilan dan desain laptop menjadi daya tarik pertama sebelum meneliti isi dan performa, jelas disini kita punya selera yang berbeda satu sama lain, sesuaikan dengan selera Anda saja, baik itu dari segi bentuk maupun warna.

2. Cari laptop yang bahan pembuatannya menggunakan bahan yang kokoh.

Laptop murah awet akan sangat terasa sangat spesial dihati pemiliknya, tapi tahukah Anda kalau material laptop memberikan pengaruh yang besar kepada keawetan sebuah barang?

Bayangkan kalau material laptop terbuat dari bahan kokoh dan tahan banting, tentu saja kita akan merasa nyaman menjinjingnya kemana-mana meskipun ada kemungkinan terjadi benturan diluar sana, tapi setidaknya laptop kita sudah memiliki proteksi yang sangat menenangkan hati dan fikiran kita.

3. Pilih spesifikasi laptop yang lumayan

Spesifikasi laptop atau biasa kita sebut spek laptop juga harus menjadi pertimbangan kita, karena ini akan menentukan sejauh mana laptop kita akan membantu tugas keseharian kita nantinya.

Ada banyak laptop murah ram 4 gb yang beredar dipasaran kalau Anda membutuhkan spesifikasi RAM yang besar untuk menunjang aktifitas Anda. Tinggal sesuaikan saja, dengan prcessornya, apakah akan menggunakan core i3, core i5, core i7 atau bahkan amd. Tenang saja, banyak kok laptop murah core i7, aptop murah core i5, aptop murah core i3 dipasaran kita. Tinggal kita selektif saja memilih laptop murah spek bagus.

4. Uji performa laptop yang akan kita beli

Mungkin ada banyak sekali keterangan dari box laptop tentang fitur dan kelebihan laptop yang akan kita beli, tapi benarkah itu berfungsi dengan baik?

Saya pernah memiliki pengalaman memperbaiki laptop murah Asus yang katanya memakai VGA Nvidia --saya fikir ini laptop murah untuk game-- ternyata setelah dibeli VGAnya masih standar saja, jadi jangan harap laptop murah buat gaming berjalan lancar, instal PES 2015 saja tidak kuat.

5. Beri perhatian pada fitur konektifitas laptop

Jaman sudah sedemikian maju, akan tetapi jangan pernah berfikir tekhnologi ini sudah mentok dan tidak akan berkembang, Anda salah mister pesimis.

Tekhnologi akan terus berkembang karena masih ada nafsu ketidak puasan manusianya juga. Laptop teman saya waktu dia beli katanya memiliki fitur canggih dan paling up to date, mungkin iya pada saat itu, akan tetapi sekarang mau diadu dengan laptop second murah pun kayaknya mesti berfikir 2 kali. Bagaimana tidak, desain gembrot, usb 3.0 tidak didukung, port HDMI tidak tersedia, vga standar, RAM cuma 2 GB. --silakan tertawa sendiri--

6. Pilih Sistem Operasi yang masih disupport oleh developernya.

Tidak ada yang salah dengan sistem operasi pada laptop, semua kembali kepada personal atau pribadi masing-masing pemakainya, akan tetapi saya berharap jangan egois dengan pilihan lama, apalagi skeptis dengan perkembangan OS.

Saya tidak mencela pengguna Windows XP yang masih keukeuh dengan pilihannya atau pengguna Windows Vista yang masih tersenyum puas dengan keajaiban visualnya. Tapi tolong diingat, 2 OS tersebut sekarang tidak akan ada update terbaru karena Microsoft sudah resmi tidak meliiris pembaharuan pada kedua OS tersebut, apa salahnya move on pada Windows 7 atau pada Windows 8 --jangan berkelit dengan dalil belum terbiasa--

7. Pilih ukuran layar yang sesuai

Anda pernah mendengar anekdot, ketika menonton pertnadingan sepak bola denga TV berlayar lebar bola akan sangat jarang out  atau keluar lapangan? Biarpun tidak sepenuhnya benar, saya merasakan ada apresiasi didalamnya. Lebih besar lebih baik.

Saya pengguna pengguna notebook dengan ukauran layar 10" dan sering sekali mengubah resolusi layar menjadi lebih besar hanya karena ingin mengklik tombol close, biarpun dengan itu saya harus memicingkan mata karena semakin besar resolusi layar, tulisan dan gambar pada monitor akan menjadi lebih kecil.

Apa salahnya Anda memilih ukuran layar yang agak besar? Atau perlu jugakah Anda pertimbangkan laptop murah layar sentuh? Pilihan terletak pada Anda.

8. Perhatikan seri chipset VGA, bukan besar memory VGA

Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika hendak membeli laptop gaming yaitu lebih memperhatikan besar memory pada VGA atau VRAM daripada seri chipset pada VGA tersebut.

Padahal yang yang perlu diperhatikan adalah seri chipsetnya, bukan besar memorynya.

Berbeda dalam hal desain grafis, VRAM sangatlah penting tetapi dalam gaming tidak terlalu dibutuhkan.

Agar lebih mudah memilih VGA yang pas buat gaming, perhatikan seri chipsetnya. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, cara membacanya sebagai berikut :

Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh

Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA.

Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru.

Seri chipset VGA yang saya jadikan contoh di atas merupakan seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop.

9. Jangan mengabaikan peran processor

Banyak orang yang lebih memprioritaskan VGA daripada processor ketika hendak membeli laptop gaming.

Mereka cenderung memilih VGA yang sangat bagus performanya tetapi tidak di imbangi dengan processor yang bagus pula.

Hal tersebut tidaklah salah, tapi perlu diperhatikan bahwa peran processor tidak bisa dianggap sebelah mata lagi, dikarenakan semakin banyak game yang melakukan berbagai perhitungan kompleks pada processor.

Selain itu, Banyaknya inti/ core yang dimiliki oleh processor dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA.

Saya sarankan memilih laptop dengan processor non ULV, karena processor seri ULV kurang bagus untuk gaming.

10. Perhatikan lama garansi laptop

Setiap vendor laptop berbeda-beda dalam memberikan garansi kepada konsumennya.

Rata-rata lama garansi pada laptop adalah 1 tahun, semakin lama semakin bagus.

Mengklaim garansi perlu dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada hardware laptop. Tidak ada salahnya jika mempertimbangkan garansi dalam memilih laptop gaming.

Saat ini banyak laptop yang beredar dengan harga yang bervariasi dan spesifikasi yang bervariasi pula.

Maka dari itu anda harus menjadi lebih bijak lagi ketika hendak membeli laptop murah dan berkualitas, . Perhatikan 10 hal yang telah saya sampaikan di atas, jangan sampai termakan bujuk rayu penjual yang nakal.

Semoga postingan saya memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk panduan membeli laptop murah dan berkualitas, setidaknya saya hanya ingin memberi sedikit sumbangsih bagi pencari laptop murah terbaik 2015.

Apabila ada yang kurang saya mohon maaf, jangan lupa kritik dan juga pertanyaan pada kolom komentar. Tidak kalah pentingnya cendol +1 aja biar yang seger makin buger.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jurnal Sutarto

1 comments: