Home » , » Pamer APK JurnalSutarto.Info Sekarang Sudah Jadi

Pamer APK JurnalSutarto.Info Sekarang Sudah Jadi

Rabu, 21 Oktober 2015 rasanya saya ingin berbagi kebahagian dengan pembaca, ada banyak hal yang saya pelajari minggu-minggu ini mulai dari seneng bongkar-bongkar arsip blog lama yang nyecer di akun blogger yang lain, sampe mencoba bikin blog baru dengan tema Android. Sebenarnya hanya untuk arsip pribadi soalnya kadang ada yang datang minta tolong buat benerin hp Androidnya.
Tapi minggu-minggu ini saya juga sedang tertarik membuat aplikasi android, bukan level expert atau dewa, hanya sebatas menyalurkan hoby penasaran aja. Tapi namanya juga pengalaman baru, rasanya agak-agak gimana gitu.

Tadinya saya fikir sulit banget kalo buat aplikasi android --mungkin iya, kalo aplikasi keren ya?-- tapi saya coba aplikasi sederhana lumayan gak begitu rumit. Saya hanya ingin blog kesayangan saya ini ada file APK-nya untuk dipasang di Android saya, jadi saya fikir kenapa gak coba buat APK untuk Jurnal Sutarto aja..

Ide sederhana mengantarkan saya pada penelusuran Google dan eng-ing-eng ternyata Facebook punya sekumpulan ilmu rahasia, Group dan Fanspage! Dari sana saya belajar cara membuat APK untuk Jurnal Sutarto dan enaknya semua tools yang dibutuhkan sudah ada, kita tinggal sedot aja --emang wc mampet disedot?--

Kendala utamanya menurut saya yang adalah kita harus punya akun Google Developer, dan kita harus membayar 25$ dari CC saat pertama kali daftar, saya kan gak punya CC.  Tapi lagi-lagi saya salah, kalau nunggu kita punya kartu kredit kapan bisa actionnya? bener toh? Makanya saya fikir yang penting bisa bikin aja dulu ngapain mikirin hal yang lain yang malah menghambat jiwa kita --ehem--

Untuk proses pembuatannya sendiri ternyata lumayan gampang, kita cuma masukin link site kita --cuma mesti pake template yang mobile friendly banget-- kalo bisa udah disiapin juga buat logonya biar keren. 

Biar gak penasaran sekalian mau narsis ini penampakan blog saya setelah disulap menjadi APK Android.

screenshot APK jurnalsutarto.info

Nah gimana, mantaph kan cing? --harus bilang mantaph kayak mancing mania-- hehe.. Untuk blognya sendiri kebetulan versi mobile gak jauh beda sama tampilan desktopnya, ini saya kasih liat biar gak terlalu membayangkan.
screenshot homepage APK jurnalsutarto.info
Demikian juga untuk tampilan artikel, masih kayak tampilan versi desktopnya.
screenshot artikel juranlsutarto.info
Kolom komentar juga masih imut-imut kalo pengen komeng bisa langsung dari APK jurnalsutarto.info, beneran nih? Ini buktinya..
Wkwkwk.. ada About me-nya juga dibawah, narsis pagi-pagi dosa gak ya? Logonya kecil ya kalo di screenshot. Tenang saja, saya masih menyimpan versi besarnya loh, ini dia.
logo APK jurnalsutarto.info
Gile lu Ndro, dari tadi pamer mulu! --Emang kan ini judul postingannya juga pamer APK hehe..

Inti dari semua pameran ini adalah :

Mencoba untuk melakukan sesuatu yang baik adalah baik. Baiknya lagi saya juga mau kalo disuruh buatin APK untuk blognya jenengan. Tapi mbok ya jangan gratis toh yo.. soalnya saya masih suka sarapan pagi hari, minum kopi sama "pitsa hat" wkwkwk..

Corat-coret aja dibawah, kalo gak inbox FB aja Sutarto E. Nugroho

Kalo udah ada yang order, jangan lupa caci-makinya dikolom komentar, ya.. Ngasih cendol juga ane tampung dah, cukup +1 aja :)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jurnal Sutarto

0 comments:

Post a Comment