Home » , , » Trik Downgrade Windows 8 ke Windows 7

Trik Downgrade Windows 8 ke Windows 7

Jum'at 14 Februari 2014, salah seorang teman saya menelpon, kirain mau ngucapin Happy Valentine :) gak taunya mau curhat masalah Laptop Toshiba Satellite C40-A yang baru dia beli kemarin susah makenya lantaran pake Windows 8, sementara yang make laptop orang tuanya yang jadi Guru SD sudah terbiasa --atau terpaksa-- memakai Windows 7.
Solusinya mau tidak mau install ulang ke Windows 7, deal!.

Begitu laptop dikirim ke rumah, saya langsung nyoba merubah settingan BIOS tapi, beberapa kali saya cegat pake F2 itu Windows 8 nyelonong terus gak ketauan lewatnya. Aneh, setahu saya dengan menekan F2 bisa menggiring saya ke settingan BIOS tapi ini tidak, jangan-jangan ada virus atau malware, tapi ini laptop baru, belum ada seminggu.

Jalan-jalan ke google deh, eh nemu juga tutorial dari NextAndy509 biar gak penasaran saya copas aja langsung kutipan artikelnya.

Caranya sih memang bisa dibilang mudah, cukup nyalakan laptop kemudian tekan tombol F2, yah terbuka lah itu ruangan BIOS. Tapi kalo kalian sudah utak atik ruangan BIOS sebelumnya trus settingan BOOT SPEED dipilih ke [FAST] aku jamin sampe kapanpun ga bakal tuh bisa masuk ke BIOS.
Cara mengatasi hal tersebut adalah:
Jika windows masih bisa terbuka, maka lakukan langkah berikut. 

klik Start > All Program > TOSHIBA > Utilities > HWsetup.exe 

Jika belum punya HWsetup kamu bisa ambil disini

Selanjutnya terbuka TOSHIBA HWsetup, pilih tab Boot Setting, lalu pada bagian boot speed pilih normal. 

Jika windows sudah tidak bisa terbuka alias rusak, maka matikan laptop anda, setelah mati total tekan tombol F2 agal lama, lalu diikuti tekan tombol POWER  Tetap tahan tombol F2 dan tombol POWER. Maka laptop Anda bisa booting. Setelah Bios terbuka ubah kembali BOOT SPEED menjadi NORMAL.
Berhubung sudah bisa masuk BIOS seperti biasa langsung saja saya format Disk C tempat Windows 8 sudah terinstal sekaligus install Windows 7 kebetulan saya hanya punya installer pada flashdisk doang, jadinya prioritas BOOT saya setting ke USB flashdisk.

Saya kira masalahnya hanya sampai disitu, ternyata tidak.

Sekarang saya sedikit faham kenapa Laptop Toshiba Satellite C40-A punya teman saya waktu beli di toko komputer tanpa basa-basi langsung dipasangi Windows 8 tanpa menawarkan terlebih dahulu ke pembelinya. Ternyata eh ternyata CD Driver Laptop Toshiba Satellite C40-A  hanya support untuk Windows 8, pantesan tukang instal toko komputer langsung tembak Windows 8.

Saya fikir ini bukan masalah, saya masih bisa download dari Website Resmi Toshiba  langsung untuk nyari drivernya, ternyata benar tidak ada driver yang tersedia untuk Windows 7 apalagi yang 32-bit!

Sedikit berputus asa saya paksain CD driver saya instal satu persatu driver yang ada didalamnya, beruntung Ethernet Controller masih kompatible. Tanpa banyak berharap saya biarkan saja fitur yang lain terpasang apa adanya tanpa terlihat sempurna, bisa dibayangkan kayak laptop jadul tampilan gambarnya, lantaran Driver Graphic Cards nolak diinstall kalo pake Windows 7.

Tanpa sengaja, saya iseng buka windows update-nya lalu saya check for update gak taunya ada tuh Windows Update untuk graphic Toshiba Satellite C40-A, download via Windows Update, install lalu restart. Alhamdulillah resolusinya maksimal. Mantaph juga ternyata windows update buat nyari driver yang susah nyarinya.

Udah dulu ya, semoga ada manfaatnya buat yang punya masalah serupa.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jurnal Sutarto

4 comments:

  1. kalo diinstal pake xp support g gan?
    apa dari pabriknya mmg sdh tdk ada cd drivernya y?

    ReplyDelete
  2. Agan cek aja di website resmi Toshiba-nya, kalau ada drivernya yang support Windows XP berarti bisa, kalau gak ada driver untuk windows XP, sebisa mungkin laptopnya instal driver LAN/WLAN/Wifi biar bisa konek ke internet, abis itu tinggal update Windows-nya, Insya Allah nemu driver yang cocok. Semoga membantu gan.

    ReplyDelete
  3. (1) Shut down sistem sambil menekan tombol SHIFT untuk benar-benar mematikan. (2) Daya pada sambil menekan F2 untuk masuk ke BIOS Setup Menu. (3) Pergi ke tab Security dan mengatur "Secure Boot" pengaturan untuk "Disabled". (4) Buka tab Advanced, masukkan "System Configuration" dan mengatur Mode Boot untuk "CSM Boot." (5) Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar. (6) Boot dari CD-ROM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bro udah nyumbang ilmu di blog ane.

      Delete