Home » » Software Pembuat Jaringan Hotspot di Laptop

Software Pembuat Jaringan Hotspot di Laptop

Jum'at, 7 Februari 2014 salah seorang teman saya datang pagi pukul 9 ke rumah, dia menenteng ponsel Samsung Android yang baru ia beli. Katanya ingin mengetes fitur Wifi di ponselnya jalan atau tidak. Saya bingung, meskipun di rumah ada jaringan internet dari RT RW net, tapi saya tidak punya modem router kayak di kantor kecamatan di daerah saya, jadi gak ada sinyal wifi di rumah saya.
Berhubung saya gak enak hati, akhirnya saya bilang, Insya Allah bisa membuat sinyal wifi keluar dari notebook saya. Padahal saya juga sempat ketar-ketir, beberapa eksperimen saya sebelumnya dari mulai share internet pake fasilitas ad hoc, nyaris tak pernah bisa konek ke ponsel, konek ke sesama laptop saja ribetnya minta ampun, kebayang kalau saya harus setting IP Address, setting DNS pada laptop yang akan menerima sinyal wifi ad hoc.Singkat kata kalau saya ingin yang praktis, katakan saja tidak bisa, beres.

Tapi sudah niatan saya dari awal, pantang berkata tidak bisa, tidak ngerti sebelum saya berusaha mencoba terlebih dahulu. Akhirnya saya langsung ngendap-ngendap ke Mbah Google, dengan kata kunci Software Pembuat Jaringan Hotspot di Laptop tak disangka ada begitu banyak tutorial dari orang-orang baik yang rela berbagi ilmu untuk orang seperti saya.

Pada page one, saya tidak puas dengan hasil pencarian Google, rata-rata menyarankan memakai teknik ad hoc, ad hoc mah sudah saya coba, mentok gak bisa konek ke ponsel kalau pun bisa, saya yakin gak praktis. Pucuk dicinta ulam tiba, ada salah satu blog yang saya kunjungi memuat ulasan tentang Software Pembuat Jaringan Hotspot di Laptop dilihat dari uraiannya kayaknya beda dan gak ribet pas membuat sinyal wifi untuk perangkat apa saja, mau laptop, tablet atau pun ponsel selama ada fitur wifi-nya. Saya memilih ini.

Namanya adalah Wifi Hotspot Creator, enaknya lagi ini adalah freeware jadi kita gak perlu nyari-nyari crack, patch atau license key segala rupa. Namanya juga software tentu ada kekurangannya, ternyata proses penginstalannya mesti online, terus hanya support untuk Windows 7 ke atas, tapi ndak papa lah yang penting bisa dipake :)

Sangat sederhana bukan, saya cuma ngisi Wifi Name, password (minimal 8 karakter ini harus diisi, tidak boleh kosong), Pilih Network Card maksudnya adalah koneksi internet apa yang aktif pada laptop/komputer kita yang akan di share, terus Max Guest adalah berapa batasan penerima jaringan wifi kita. Gampang kan?

Kesulitan saya saat memilih Network Card, saya tidak bisa klik dropdown, ternyata karena saya saat membuka aplikasi tersebut tidak dengan "Run As Administrator". Setelah saya matikan lalu dihidupakn dengan Run As Administrator" aplikasi tersebut dapat bekerja dangan baik.

Bagi teman-teman yang berminat, silakan download Software Pembuat Jaringan Hotspot di Laptop

Sekedar catatan saja: 
  1. Instalasi harus online.
  2. Saat penginstalan harus jeli, masalahnya installer aplikasi ini di ikuti oleh aplikasi-aplikasi yang lain yang tidak gratis, saya saja sampai ada 3 aplikasi yang ikut terinstal lantaran mengabaikan tombol "decline" pada proses penginstalan. Jadinya saya repot sendiri uninstal aplikasi yang ikut terinstal yang tidak saya perlukan.
  3. Setiap menjalankan aplikasi ini, jangan lupa "Run As Administrator" biar aplikasi ini bisa bekerja.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jurnal Sutarto

2 comments:

  1. maaf Gan... link nya gak bisa tuh....

    ReplyDelete
  2. Link sudah ane perbaiki gan, silakan ber wifi ria :)

    ReplyDelete