Home » , » Mengatasi Masalah Hibernate Windows 8

Mengatasi Masalah Hibernate Windows 8

Jum'at 21 Februari 2014, pukul 18.30 waktunya sholat Maghrib, saya yang terbiasa menunda-nunda :( sholat terburu-buru mau mandi, maklum tadi lagi nanggung mainin Winning Eleven master league, handphone cross jadul meraung-raung, balik lagi ke meja kerja, ngintip ID pemanggil. Wah, manager PUAP nelpon, mungkin urusan PPS atau Laporan Bulanan PUAP, gak taunya ngadu masalah laptop Acer Aspire E1-442 yang baru dibeli kemarin dari Ketanggungan.
"Abis batre, di charges sampe penuh malah gak mau nyala. Tulisannya Hibernating, loading terus"

"Oke, nanti abis sholat maghrib langsung meluncur.."

Ini mah gampang fikir saya, tinggal cabut batre, nyalakan lagi, beres. Feeling saya ternyata meleset jauh, ketika udah berhadapan dengan laptopnya, malah bikin keringat dingin keluar. Gimana gak coba, udah di-restart batre dicopot, eh pas dinyalakan lagi masih tetep aja "hibernating"
Untung saya ingat, keamarin ketika membeli laptop kan sekalian beli modem Telkomsel-Flash yang udah ada kartunya, ini sih mesti cari tahu solusi lewat google, lantaran saya belum pernah mengalami hal tersebut. Entah sial entah apa, yang jelas modemnya lama banget diinstal pada Samsung Merah Marun kesayangan saya. Udah dicoba di dua port yang berbeda, hasilnya sama saja, gak mau keinstal. Tinggal satu lobang lagi, mencoba... menunggu, dan berhasil.

Mungkin lagi apes, kebetulan banget kalau koneksi internet pake modem di rumah bos lemotnya minta ampun. Buka Google aja gak bisa. Wah, ini sih mesti dibawa ke pulang, gak bisa beres di tempat.

Yang empunya barang setuju, malah minta sekalian diinstal ulang pake Windows 7 juga sekalian. Siip lah..!

Sampai dirumah, saya masih penasaran sama penyakit hibernating yang gak ilang-ilang. Ditunggu sampe setengah jam masih gak ada tanda-tanda bisa masuk Windows. Cape deh.

Mengulang tindakan tadi yang gagal, akhirnya cari tahu cara mengatasi masalah hibenate Windows 8, beberapa blog yang katanya mengulas solusi hibernating gak ada yang sreg, bagaiman bisa dipraktekin, rata-rata menyarankan mematikan fungsi hibernating pada control panel. Laptop bos kan gak bisa masuk Windows cuma blank biru tua sama tulisan hibernating..

Dasar orang baik --muji sendiri-- akhirnya google ngasih bocoran triknya lewat sebuah blog berbahasa Indonesia, dengan kata kunci "cara mengatasi hibernating windows 8 yang lama" Ternyata gak susah-susah amat kalau udah tau caranya.

Ini saya copy-kan saja langsung dari sumbernya Blog Aca Rossa
Restart Paksa Komputer
Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksa komputer yang terlanjur “Hibernasi Abadi” agar mau menyala kembali: 
  • Matikan komputer dengan menekan dan menahan tombol power sampai komputer mati.
  • Cabut kabel power listrik yang terhubung ke komputer (Untuk pengguna laptop: cabut juga kabel adaptor dan baterei dari laptop).
  • Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik (Jangan heran, tentu saja Anda tidak akan melihat apapun di layar monitor Anda. Ini berfungsi untuk membersihkan chip memori statis di komputer yang menyimpan informasi “Start up” komputer Anda).
  • Pasang kembali kabel power listrik ke komputer (Untuk pengguna laptop: pasang kembali baterei beserta kabel adaptornya).
  • Silahkan menyalakan komputer Anda kembali.
Beneran gampang kan, untuk penyebabnya saya tidak bisa menerangkan secara detail, yang jelas kalau mengalami kasus serupa, tinggal ikuti saja step by step di atas. Insya Allah tokcer.

Sekian dulu ya, lagi nginstal ulang nih, lembur.. he..he.. Jangan lupa cendolnya +1 aja biar yang seger makin buger :)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jurnal Sutarto

60 comments:

  1. masalah aku juga sama sampe keringet dingin gini >< kira2 prosesnya sampe berapa lama ya sampe gak hibernating terus?

    ReplyDelete
  2. Coba praktekan artikel yang ane blok warna biru gan, gak nyampe 1 menit juga udah beres..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget tips nya mas... Pagi" laptop acer V5-471G ku juga hiberniting aku tunggu pe jam 10 gak nyala juga... Lgs aku search di google ktm blog ini... Oh ya kalo laptop untuk download yg video atau pake corel yg berat tiba" mati knapa ya???

      Delete
  3. oke ane coba saran agan akhirnyaaaaa.. bsa juga.. makasih gan..

    ReplyDelete
  4. Good share....
    Pas kebeneran ngalamin, cb praktekin trik d atas langsung maknyos....

    ReplyDelete
  5. sudah 2 hari notebook hibernating .. smoga tipsnya berhasil .

    ReplyDelete
  6. Waaah..smua cara d atas ga ngefek sm sekali di asus x200ca ni bos..gmn dong??mhn bantuannya...

    ReplyDelete
  7. Masalahnya baterai ga bisa di copot kak...

    ReplyDelete
  8. Praktekan seperti cara yang diatas gan, mudah-mudahan work, kalo batrai gak bisa dicopot, berarti mesti bongkar chasing dulu, usahakn laptopnya gak ada aliran listrik dulu.

    Kalau cara diatas gak berhasil, silakan googling lagi, semangat gan..

    ReplyDelete
  9. Makasih om, gara2 windows update ane luoa restart jadi problem kek gini. Problem solfix.

    ReplyDelete
  10. Ane seneng kalo pengunjung blog ini, bisa mengatasi masalah

    ReplyDelete
  11. Udah ane praktekan ke Toshiba ane gan, hasilnya josss gandos.. Thanks gan..

    Cek my blog Against Aging

    ReplyDelete
  12. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer Panggilan langsung hadir ke tempat anda berada.
    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll

    Bagaimana dengan biayanya ?
    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 120.000

    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami dan keluhkan segala masalahnya ke :
    081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF
    dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    ReplyDelete
  13. min, klo laptop ane waktu di klick hibernate malah ngesleep, solusinya dong min

    ReplyDelete
  14. saya udah ngikutin cara2 di atas tp masih tetep gak bisa hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, bisa aja mas Hilman Fadillah :)

      Delete
  15. trimakasih infona min..twothumbsup..tq.

    ReplyDelete
  16. trimakasih infona min..twothumbsup..tq.

    ReplyDelete
  17. trimakasih infona min..twothumbsup..tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama om.. mudah-mudahan banyak yang terbantu karena share ini..

      Delete
  18. kalo batrenya tanam gmana dong min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktekan seperti cara yang diatas gan, mudah-mudahan work, kalo batrai gak bisa dicopot, berarti mesti bongkar chasing dulu, usahakn laptopnya gak ada aliran listrik dulu.

      Kalau cara diatas gak berhasil, silakan googling lagi, semangat gan..

      Delete
  19. Thanks berat gaaan !!!

    ReplyDelete
  20. Thanks gaaan

    ReplyDelete
  21. maksaih infonya gan bermanfaat bgt,,,sampe migrain kepalaq sehari semlm nungguin restarting muter ga selesai2,,ketemu blog ini langsung bisa tidur ga mikirin laptop muter2

    ReplyDelete
  22. Gmn bang kalo laptop yg batrai nya permanen/kgk bsa dcopot2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba matikan saja dulu gan, kalo sudah bener-bener gak nyala sama sekali coba ikutin step diatas.

      Good luck, gan

      Delete
  23. Thanks bro infonya laptop ibu saya bahkan lebih parah cuma tampilan biru gak ada tulisan trus kedap kedip monitornya, nyoba saran bro di tekan powernya agak lama taunya bisa normal lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat gan.. Tinggal rubah aja settingan hibernate-nya biar gak kumat lagi.

      Delete
  24. Terimakasih infonya gan, kompi saya bisa nyala lagi dengan cara sperti diatas, tapi klo hibernate lagi harus dimatikan lagi, jdi g bisa dibiarkan diam lama biar g' hibernate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat gan.

      Jangan dibiarin gan rubah settingan d power optionnya biar gak kumat lagi.

      Delete
  25. Akurat sekali ilmunya bos...ga sampe 2 menit hehehehehe ,thanks

    ReplyDelete
  26. Lancar gan... bener2 top trick agan...

    ReplyDelete
  27. triknya berhasil, makasih banyak yaa :D

    ReplyDelete
  28. makasi tipsnya,
    sempet panik gegara yg hibernating laptop baterai tanam, tp ternyata pas dicoba tipsnya, alhamdulillah berhasil :)

    ReplyDelete
  29. Sukses..laptopnya baik kembali..Makasi :)

    ReplyDelete
  30. thanks,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  31. Cara matiin hibernate gimana ya gan ?

    ReplyDelete
  32. Makasih banyak gan, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  33. thanks bgt ilmunya gan. tadinyA udah frustasi bgt .. mana netbook punya org .. pas googling nemu blog ini .. bermanfaat bgt .. wuhuuu

    ReplyDelete
  34. Joss, mantab bro
    Ane terapin di lenovo G40

    ReplyDelete
  35. Mujarab racikannya ...hehehe

    ReplyDelete
  36. Thank you gan. Gara2 saran ini. Laptop saya yg udah hibernat sampe 3 hari bisa balik lagi semula.. awal nya saya coba cara yg 30 detik itu. Tp tetep ga bisa nyala.. saya mati in lagi itu laptop tunggu besok pagi eh udah normal lagi . Greget gua

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah. Thanks infox bener2 tokcer

    ReplyDelete
  38. Kak kalo komputer yg gak ada batre nya gmna?

    ReplyDelete
  39. Makasih kak,,
    Emak gw nelpon katanya laptopnya gak bisa hidup haha,, sempat bingung juga,, untung nemu blog ini
    Maksih kaka

    ReplyDelete
  40. Thanks min, ane pencet power 5 detik saja

    ReplyDelete
  41. Makasih gan caranya ampuh bener��

    ReplyDelete
  42. Mas mw tanya saya udah ngikutin tapi kq belum bisa ya mas cuma lampu led merah nya aja yg kedip2 terus. Makasih

    ReplyDelete
  43. Terima kasih pak. Laptop acer aspire es 11 saya kemarin hibernating terus. Alhamdulillah setelah baca cara ini. Sudah berhasil. Awalnya sih ragu karena laptop saya baterei tanam. Tapi saya coba saja tanpa mbuka baterei. Ternyata bisa.
    Terima kasih nggih.
    Maklum bingung nyusun tesis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali saya mendengarnya, mudah-mudahan artikel ini berguna juga untuk yang lain.

      Delete
  44. punyaku windows 10 aku lupa pake jas hujan di tas ku jd ya kehujanan deh laptop ku
    Habis tu pulang pulang aku cek aku hidupin laptopnya tulisannya hibernating habis tu aku restart paksa gak bisa.Jujur aku bingung bgt pas ada itu aku coba matiin jg gak bisa loading trus akhirnya aku inget batere nya tinggal 15% aku biarin ampe batere nya habis lalu aku kipasin dugaan ku mungkin karena kehujanan itu mangkanya aku kipasin hbs tu aku chash lgakhirnya bisa mungkin ini sedikit pengalaman
    #maaf terlalu banyak

    ReplyDelete
  45. Berhasil berhasil berhasil

    ReplyDelete